Tuban Bumi Wali - The Spirit of Harmony

Artikel

Sejarah Desa Cangkring

11 Mei 2021 10:20:09  admin  87 Kali Dibaca  Berita Desa
  • Kondisi Desa

2.1.1. Sejarah Desa

Pada zaman dahulu yang tak tertuliskan tahun berapa dan tidak jelas pada zaman apa. Ketika itu ada 2 sosok manusia di tengah – tengah alas belukar yaitu :

  1. Mbah Buyut Ganti
  2. Mbah buyut Tubah

Dari sisi sejarah desa cangkring tertuliskan bahwa kedua orang tersebut babat alas kata orang sesepuh desa cangkring dijadikan suatu perkampungan dan lama kelamaan perkampungan bertambah penghuninya dari luar perkampungan sehingga bertambah masyarakat yang ada didesa. Pada masa perubahan zaman terjadilah 2 kelompok tapi hidup mereka saling rukun dan saling membantu dalam segala hal yaitu yang pertama kelompok mbah buyut ganti dan elompok mbah buyut tubah. Pada saat musim kemarau panjang lahan pertanian banyak yang kekeringan, banyak masyarakat kekurangan pangan. Semua warga masyarakat berembug dan menghasilkan hasil bahwa semua warga masyarakat meminta apa yang diinginkan masyarakat ke tempat mbah buyut ganti yang berada di sebelah timur desa dan ke mbah buyut tubah yang berada di sebelah utara desa dan disinilah terjadinya mukjizat yang luar biasa. Ditempat semedi mbah buyut ganti mengeluarkan sumber mata air dan juga di tempat semedi mbah buyut tubah juga mengeluarkan sumber mata air, pada akhirnya semua warga menggali kedua sumber mata air tersebut dan dijadikanlah sebuah sumur dari kedua sumber mata air tersebut. Sampai sekarang kedua sumur tersebut masih dipergunakan warga masyarakat. Untuk sumur yang ditempati mbah buyut ganti dnamakan sumur wetan dan untuk sumur yang ditempati mbah buyut tubah dinamakan sumur lor, pada saat itu pula masyarakat sekitar tidak kekurangan air dan kekurangan sandang pangan.

Pada suatu ketika ada seseorang yang datang yang berasal dari jawa tengah yakni “Raden Santri” yang merupakan kerabat sunan muria dimana perjuangan dan dakwah beliau tidaklah sia-sia dikarenakan banyak penduduk yang mengikuti ajarannya yaitu ajaran yang mengajarkan tentang syariat islam sehingga banyak warga masyarakat yang memeluk agama islam, sehingga makin lama desa tersebut berkembang luas dan penduduknya semakin banyak yang kemudian menjadi sebuah desa yang sejahtera gemah ripah loh jinawe sampai sekarang.

Sejarah pemerintahan Desa Cangkring yang telah dipimpin oleh seorang kepala desa definitif dan pejabat kepala desa sudah mulai jaman kemerdekaan yang tidak diketahui secara pasti tahunnya. Yang dirangkum oleh Tim Penyusun RPJMDesa sebagai berikut :

 

 

 

 

Tabel 5.1 : Daftar Kepala Desa Cangkring

NO.

NAMA

TAHUN

KETERANGAN

1.

Proyo

Tidak diketahui tahunnya

-

2.

Warsono

Tidak diketahui tahunnya

-

3.

Muripan

Tidak diketahui tahunnya

-

4.

Komari

1965 – 1966

Kepala Desa Definitif

5.

Mulyanto

1967 – 1988

Kepala Desa Definitif

6.

Sudjanto

1989 – 1990

Kepala Desa Definitif

7.

Andiyanto

1991 – 1998

Kepala Desa Definitif

8.

H. Winarko

1999 – 2007

Kepala Desa Definitif

9.

H. Winarko

2007 – 2013

Kepala Desa Definitif

10.

Kasmadi

2013 – 2016

Kepala Desa Definitif

11.

Winarko

2017 – 2018

YMT. Kepala Desa

12.

Lanang Al Anang Kosim

2018 – 2019

Pejabat Kepala Desa

13.

Rispandi

2019 – 2025

Kepala Desa Definitif

 

2.1.2  Demografi

Topografi Desa Cangkring adalah berupa dataran rendah dengan luas wilayah 200.037 Ha. Secara geografis Desa Cangkring terletak pada posisi 7°04'-9°29' Lintang Selatan dan 112°08'-978°46' Bujur Timur.

Secara administratif, Desa Cangkring terletak di wilayah Kecamatan Palang Kabupaten Tuban dibatasi oleh desa desa tetangga diantaranya :

Sebelah Utara            : Desa Sumurjalak,

Sebelah Selatan         : Desa Kedungrojo

Sebelah Barat            : Desa Kepohagung

Sebelah Timur           : Desa Plumpang

Jarak tempuh Desa Cangkring ke Ibukota Kecamatan adalah 3 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 9 Menit. Sedangkan jarak tempuh ke Ibukota Kabupaten adalah 20 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 25 Menit.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban Adalah Kita

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Desa Cangkring
Desa : Cangkring
Kecamatan : Plumpang
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62382
Telepon :
Email : cangkring.plumpang417@gmail.com