17 Oktober 2019 21:25:57
Ditulis oleh Admin

Sedekah Bumi Wayang Kulit semalam suntuk "WERKUDARA MEGURU DADI GURU"

http://cangkring-plumpang.desa.id   – Upaya pelestarian budaya khususnya di desa Cangkring  kec. Plumpang kab. Tuban mengadakan Tasyakuran atau sedekah bumi dengan  tradisi Wayang Kulit yang berjudul Werkudara Meguru Dadi Guru.

Menurut Ketua panitia Subekti Wahono, S.Pd (17/10/2019) bahwa diadakanya pagelaran wayang kulit dengan dalang Susiyanto yang melanglang buana di jagat kesenian tradisional jawa timur yang merupakan dalang lokal dari kecamatan Rengel, adapun salah satu manfaat sedekah bumi ini adalah menjalin kebersamaan dan silaturahmi antar semua elemen baik pemerintahan desa, lembaga desa dan masyarakat serta rasa syukur terhadap karunia allah swt. Yang telah memberikan rizky yang melimpah terutama di bidang pertanian.

“Siang hari diadakan di Makam Desa Cangkring dan Malam Hari di Balai Desa Cangkring yang di ikuti oleh pemerintahan desa Cangkring, Babinkamtibmas, Babinsa, dan para tokoh masyarakat serta warga masyarakat,”terangnya

Kepala Desa Cangkring "Bapak Rispandi" merupakan sosok yang sangat dekat dengan warganya dan sangat perhatian melestarikan seni kebudayaan dalam mengangkat budaya lokal.

Beliau berharap agar tradisi ini akan terus dilestarikan khususnya di bumi kelahirannya yakni di desa cangkring kec.plumpang kab. Tuban.

Pagelaran yang digelar secara turun temurun tersebut dihadiri ratusan warga setempat sebagai wujud syukur atas hasil panen yang melimpah dan sekaligus melestarikan adat budaya setempat Semoga desa cangkring bisa menjadi desa yang maju lebih baik dan masyarakatnya sejahtera. By. M.N.Hasan

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus